PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MELALUI KEGIATAN LITERASI DI MI AL QUR’AN JABALKAT

Penulis

  • Filzatun Nafsi STAI KH.Muhammad Ali Shodiq
  • Retno Intan Kuswari STAI KH. Muhammad Ali Shodiq Tulungagung

Kata Kunci:

Literasi, Menulis, Puisi., literas, menulis, puisi

Abstrak

Kegiatan literasi merupakan sarana peserta didik untuk mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang telah diperolah ketika proses pembelajaran. Kegiatan literasi dapat mengembangkan banyaknya kosa kata dan pengetahuan dalam berbagai hal. Guru tidak hanya sebagai pendidik, melainkan sebagai mediator, sumber belajar, fasilitator, model dan teladan. Peneliti memaksimalkan kegiatan literasi ini melalui kegiatan menulis puisi dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Peneliti bertujuan bagaimana peran guru dalam pembelajaran menulis puisi melalui kegiatan literasi di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif. Kegiatan literasi dalam pembelajaran menulis puisi dapat menambah rasa percaya diri kepada peserta didik. Peserta didik akan menghasilkan karya tulisan yang murni karya mereka. Guru memberikan dorongan atau motivasi agar mereka tidak hanya membaca tetapi juga menulis dalam kegiatan literasi. Guru juga akan menjadi fasilitator bagi mereka agar karya-karya yang menarik dan dapat dibaca oleh banyak orang. Terbukti dengan adanya buku antologi puisi yang berjudul Persembahan Untuk Para Pejuang Negri dan Karya Untuk Negriku.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Nafsi, F., & Retno Intan Kuswari. (2024). PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MELALUI KEGIATAN LITERASI DI MI AL QUR’AN JABALKAT. JIPSKi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Studi Keislaman, 2(1), 85–89. Diambil dari https://ejournal.stai-mas.ac.id/index.php/JIPSKi/article/view/258

Terbitan

Bagian

Articles