MOTIVASI DAN MANAJEMEN ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PERFORMA ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DI SMKN 2 TULUNGAGUNG

Penulis

  • Riyanto Riyanto STAI KH. Muhammad Ali Shodiq Tulungagung
  • Sevia Umi Wardini STAI KH. Muhammad Ali Shodiq Tulungagung
  • Fakhruddin Al Farisy STAI KH. Muhammad Ali Shodiq Tulungagung

Kata Kunci:

manajemen organisasi, OSIS, motivasi

Abstrak

Mengelola sebuah organisasi perlu adanya motivasi dan pemahaman manajemen organisasi yang baik. Terkadang di masyarakat dan disekolah organisasi hanya dijadikan ajang kumpul dan saling sapa saja, serta yang terpenting melakukan kegiatan seperti yang sudah-sudah. Hal inilah yang menjadikan bahwa motivasi dan manajemen organisasi itu sangat penting untuk keberlangsungan organisasi di masyarakat maupun sekolah. Metode yang diterapkan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode Service Learning (SL). Service-Learning atau SL merupakan aktivitas yang melibatkan pengalaman praktis, pembelajaran akademik dan keterlibatan masyarakat. Masyarakat yang dimaksud dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMKN 2 Tulungagung. Sehingga mereka bisa mendapatkan manfaat langsung dari PkM tersebut. Hasil pertama dari PkM ini adalah peserta didik menjadi bersemangat dalam melakukan kegiaytan organisasi dan menjadi termotivasi dalam melakukan kegatan belajar maupun kegiatan lainnnya. Kedua adalah peserta didik semakin mahir dan paham akan tanggugjawab dalam mengelola organisasinya terkhusus OSIS SMKN 2 Tulungagung.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

Riyanto, R., Sevia Umi Wardini, & Fakhruddin Al Farisy. (2023). MOTIVASI DAN MANAJEMEN ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PERFORMA ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DI SMKN 2 TULUNGAGUNG. EL-KHIDMAH: JURNAL DISEMINASI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 1–7. Diambil dari https://ejournal.stai-mas.ac.id/index.php/p3m/article/view/107