PENDAMPINGAN KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA DISIPLIN SANTRI TPQ DAN MADIN NURUL HIDAYAH SAMBIROBYONG
Kata Kunci:
Pendampingan Kepala Madrasah, Budaya Disiplin, Santri, TPQ, MADINAbstrak
Pendampingan terhadap kepala TPQ atau madrasah diniyah menjadi sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama yang diberikan. Melalui pendampingan, diharapkan kepala lembaga dapat mengembangkan kompetensi kepemimpinan, manajemen, dan pedagogik yang lebih baik. Pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendampingan kepala madrasah dalam membangun budaya disiplin santri di TPQ dan MADIN Nurul Hidayah Sambirobyong. Melalui pendekatan Service Learning (SL). Pengabdian ini mengungkap peran aktif kepala madrasah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendorong terbentuknya karakter disiplin pada santri. Hasil Pengabdian menunjukkan dampak positif dalam membangun budaya disiplin santri. Beberapa temuan yakni pengembangan program pembinaan karakter, peningkatan kesadaran santri akan pentingnya disiplin, adanya perubahan perilaku santri yang lebih disiplin dan tertib dalam melakukan segala kegiatan. Peran kepala madrasah sebagai pemimpin sangat krusial dalam membentuk karakter disiplin santri. Dengan memberikan teladan, motivasi, dan dukungan yang berkelanjutan diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendorong santri untuk tumbuh menjadi individu yang disiplin dan bertanggung jawab.