PEMANFAATAN APLIKASI JUNIO SMART UNTUK EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA DARUL HUDA BLITAR
Kata Kunci:
Evaluasi Pembelajaran, Junio Smart, Digitalisasi MadarsahAbstrak
Pembelajaran bahasa Arab di Indonesia menghadapi tantangan dalam evaluasi proses belajar-mengajar. Metode evaluasi tradisional seringkali tidak efektif dan tidak dapat mengukur kemampuan siswa secara akurat. Oleh karena itu, diperlukan inovasi teknologi pendidikan untuk meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran. Tujuan dari program ini adalah seluruh guru dan tenaga pendidik mampu mengplikasikan fitur-fitur pada junio smart sehingga mempermudah dalam mengevaluasi peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Arab di MA Darul Huda Blitar. Metode dalam pengabdian ini menggunakan metode PAR (Participation Action Research) dengan tahapan Identifikasi masalah bersama, Perencanaan tindakan kolaboratif, pelaksanaan tindakan, evaluasi bersama dan refleksi pembelajaran. Dari pelatihan yang telah diberikan semua peserta mampu dan terampil mengaplikasikan semua fitur-fitur yang ada pada aplikasi Junio Smart, selanjutnya fasilitator melakukan monitoring secara berkala untuk melihat sejauh mana perkembangan hasil pemanfaatan aplikasi junio smart untuk mengevaluasi pembelajaran bahasa arab. Kegiatan ini sangat membantu madrasah mengaplikasikan fitur yang memenuhi kebutuhan sekolah, orang tua, maupun siswa dalam penyelenggaraan pendidikan.