PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA KURIKULUM MERDEKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA SMPN 2 SUMBERGEMPOL
Keywords:
kurikulm merdeka, Problem Based Learning, hasil belajarAbstract
Pembelajaran Bahasa Inggris di SMPN 2 Sumbergempol, berdasarkan hasil pengamatan kurang mendapat antusias dari peserta didik yang berdampak pada hasil belajar yang rendah. Selain itu guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang inovasi dalam pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas, hasil, dan ketuntasan belajar Bahasa Inggris pada kurikulum meerdeka melalui model Pembelajaran Problem Based Learning di SMPN 2 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus dilakukan 2 kali pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah 12 peserta didik. Teknik penelitian ini menggunakan observasi dan tes pada setiap akhir pembelajaran persiklus. Hasil dari penelitian tindakan kelas menyatakan bahwa: (1) Terdapat peningkatan dalam aktivitas belajar peserta didik di mata pelajaran Bahasa Inggris pada kurikulum merdeka. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa yang meningkat dari jumlah skor 17 menjadi 44 pada guru, dan dari jumlah skor 14 menjadi 34 pada siswa. (2) Hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II, dengan nilai rata-rata 62,2 menjadi 69,2 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 77,8. (3) Presentase ketuntasan belajar peserta didik juga mengalam kenaikan yaitu pada siklus I sebesar 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 80%.