EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI BERBASIS PESANTREN

(Studi pada Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, STAI KH Muhammad Ali Shodiq, Tulungagung)

Authors

  • Zayyin Mukmila
  • Nailia Izza Choirina

Keywords:

evaluasi, model stake, pembelajaran bahasa Arab

Abstract

Secara fungsional, bahasa juga termasuk budaya yang digunakan masyarakat disuatu tempat. Untuk berbahasa yang baik diperlukan pembelajaran. Pembelajaran  Bahasa sendiri membutuhkan evaluasi untuk mengetahui sejauhmana Bahasa dapat dipelajari oleh peserta didik. Model Stake termasuk salah satu model yang digunakan untuk mengevaluasi pembelajaran Bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui antecedents, proses, dan output dalam pembelajaran Bahasa Arab di perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari dokumentasi pada pembelajaran Bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antecedents, proses dan output dalam pembelajaran Bahasa Arab cukup sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan diawal sebelum pembelajaran, sehingga evaluasi dengan model Stake dimungkinkan dapat diberlakukan pada pembelajaran Bahasa Arab dilingkungan Perguruan Tinggi.

References

Etty Jaskarty dan Gunawan Refiadi. 2018 “Model Countenance Stake dalam Evaluasi Implementasi Kurikulum Fisika”, Prosiding SNIP,

Faizah, A. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Nurul Islam Tengaran. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(2), 143-162

H. Douglas Brown. 2004. Language Assessment. New York: Pearson Education, Inc

Permendikbud, N0. 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Pujiatna, T., & Wagiran, W. 2022. Model Evaluasi Stake pada Matakuliah Bahasa Indonesia. Prosiding Bina Basa V, I (1)

Ridho, U. (2018). Evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab. An Nabighoh, 20(01), 19-26.

Rina Devianty. 2017. “Bahasa sebagai Cermin Kebudayaan”. Jurnal Tarbiyah Vol. 24, No .http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/167

Saepudin. 2012. “Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab; Teori dan Aplikasi”. Yogyakarta:Trust Media Publishing

Tommy Eka Miharja dan Abd. Rahman A. Ghani. 2017. “Evaluasi Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Sari Farma Depok”, Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Vol. 2 No. 1

Widya Noviana Noor dan Aman. 2015. “Evaluasi Penyelenggaraan Latihan Ujian Nasional Bahasa Inggris SMA Swasta ex-RSBI”, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 19, No. 2

Zayyin Mukmila, Imam Asrori dan Umi Machmudah, 2023. Tathbiiq al-Imtihaan Mahaarotul Kalam Bistikhdami Youtube. Vol. 1. Konferensi Nasional Tarbiyah UNIDA Gontor. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/shibghoh/article/view/9809

Published

2023-07-25

How to Cite

Zayyin Mukmila, & Nailia Izza Choirina. (2023). EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI BERBASIS PESANTREN: (Studi pada Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, STAI KH Muhammad Ali Shodiq, Tulungagung). NAHDLATUL LUGHAH: JOURNAL OF APPLIED ARABIC LINGUISTIC, 1(1), 1–9. Retrieved from https://ejournal.stai-mas.ac.id/index.php/pba/article/view/49